Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan OFW, CFW dan ODE di PS3

Jasa Isi Game PS3 - Cukup banyak calon konsumen dan gamer PS3 yang ternyata belum memahami definisi dan perbedaan OFW, CFW dan ODE di PS3 yang di milikinya. Pada kesempatan posting kali ini kami akan sedikit mengulas tentang definisi, perbedaan serta keuntungan dan kerugian konsol game PS3 yang memakai OFW, CFW dan ODE di PS3.

Dengan membaca artikel tentang perbedaan OFW, CFW dan ODE di PS3 beserta cara mengetahui PS3 CFW atau ODE kami harapkan pengetahuan Anda tentang pernak-pernik konsol game PS3 dapat bertambah. Selamat membaca..

Definisi, Perbedaan, Keuntungan dan Kekurangan OFW, CFW dan ODE


1. OFW
Ofw adalah Official atau original Firmwire yang artinya sebuah unit konsol PS3 yang baru di beli dan belum di utak-atik atau di instal dengan software apapun. Secara singkat dapat juga di nyatakan bahwa ofw adalah firmware resmi yang di berikan Sony untuk setiap unit konsol barunya.


Perbedaan OFW, CFW dan ODE di PS3

Kelebihan memiliki konsol ps3 dengan ofw resmi adalah Anda tidak perlu merasa khawatir ps3 yang Anda miliki akan mengalami kerusakan apapun karena tidak pernah di utak-atik atau di lakukan perubahan baik dari sisi software maupun hardware.

Jika Anda memiliki sambungan internet yang baik maka Anda akan dapat memainkan game PS3 secara online tanpa harus khawatir terhadap kemungkinan banned yang di lakukan pihak Sony atas konsol game PS3 yang Anda miliki. Selain itu Anda akan dapat memperoleh update gratis ofw dari Sony setiap ada pembaharuan ofw tanpa harus merubah setting apapun di dalam konsol PS3 Anda.

Kekurangan konsol ps3 baru yang memiliki ofw hanya dapat memainkan game-game ps3 original dalam format Blue Ray Disk dan Game format PKG berbayar. Konsol yang masih menggunakan ofw dari Sony tidak dapat memainkan game non original atau bajakan. 

Konsol dengan ofw cocok untuk di gunakan para gamer atau kolektor game yang memiliki dana cukup/berlebih. Hal demikian dapat terjadi karena untuk dapat memiliki kaset game PS3 Blue Ray Disk Anda harus mengeluarkan dana dalam kisaran 400 ribuan untuk 1 buah game nya.

Hal ini tidak terlalu jauh berbeda dengan para pemilik konsol game PS3 dengan nomor seri CECH-3000 an dan CECH-4000an. Pemilik konsol game PS3 dengan nomor seri seperti telah kami sebutkan hingga saat artikel ini kami tulis belum dapat memainkan game-game PS3 non ori.

Alasannya tidak lain adalah karena konsol game PS3 dengan seri CECH-3000an dan CECH-4000an belum ada yang melakukan jailbreak di sisi software maupun hardware. Untuk mengetahui nomor seri atau model PS3 Anda dapat melihatnya di dalam dus, buku panduan atau di belakang sebelah kirah konsol game PS3.

2. CFW
Cfw adalah sebuah custom firmwire. Sebuah firmwire tidak resmi yang di instalkan ke dalam sebuah konsol PS3. Instal cfw ini tentu saja memiliki tujuan yakni agar konsol PS3 yang di instal cfw dapat di mainkan dengan menggunakan game ps3 non original alias bajakan. 

Kelebihan memakai cfw ini Anda dapat menggunakan atau memainkan game-game ps3 non original terbaru yang telah di support oleh cfw tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. Harga 1 buah game yang di instal di harddisk internal atau harddisk eksternal hanya berkisar 15 ribu hingga 25 ribu rupiah untuk 1 buah game nya. 

Kekurangan memakai cfw adalah Anda tidak dapat memainkan game secara online dengan bebas. Ada cfw tertentu yang dapat membuat Anda tetap dapat bermain online namun seperti telah kami sampaikan sebelumnya tidak lah sebebas seperti menggunakan ofw.

Akan ada kemungkinan konsol ps3 Anda akan di banned jika konsol game PS3 di mainkan online dan di ketahui oleh pihak Sony. Dengan demikian Anda tidak dapat lagi memainkan game ori atau non ori di konsol ps3 Anda.

Untuk pengguna CFW kami sarankan untuk tidak memainkan konsol game PS3 secara online. Jika memaksa ingin main secara online terlebih dahulu harus memeriksa apakah CFW terbaru yang terpasang di dalam konsol game PS3 yang di miliki sudah support atau Sony belum melakukan pembaharuan Official Firmwire nya. 

3. ODE
ODE adalah Optical Custom Firmwire. Sebuah perubahan yang di lakukan di sebuah konsol game ps3 dengan cara menambah semacam motherboard tambahan di unit konsol. ODE hampir sama seperti CFW sama-sama melakukan perubahan di dalam konsol ps3 agar konsol tersebut dapat memainkan game non original.

Hadirnya ODE ini di karenakan ada konsol-konsol terbaru PS3 yang tidak dapat di update dengan CFW. Konsol ps3 yang biasanya mau tidak mau atau harus, setidaknya untuk saat ini, menggunakan update hardware ala ODE ini adalah konsol ps3 dengan seri CECH-3000 dan CECH-4000 ke atas. 

Keuntungan memakai ODE Anda tidak perlu repot-repot untuk mengupdate firmwire resmi ketika firmwire tersebut di luncurkan. Dengan menyambungkan konsol ps3 Anda ke internet konsol ps3 Anda akan dapat langsung mengupdate firmwire tersebut.

Tapi sayangnya dengan melakukan update ke firmwire original Anda tidak lagi dapat memainkan game PS3 non ori melalui harddisk eksternal. Kami menyarankan kepada Anda yang melakukan upgrade/jailbreak dengan menggunakan ODE untuk tidak melakukan permainan game PS3 secara online jika Anda masih ingin memainkan game-game PS3 non ori.

Kekurangan memakai ODE adalah harga jasa pasang hardware di konsol ps3 yang cukup mahal berada di kisaran 1 juta rupiah ke atas. Pemasangan hardware ini pun tidak dapat di lakukan sembarangan karena dapat mengakibatkan kerusakan mesin konsol ps3.

Selain itu Anda juga harus menyediakan game orisinil yang biasa di sebut sebagai BD pancing dan harddisk eksternal karena Anda hanya dapat memainkan game-game PS3 melalui harddisk eksternal. Untuk harddisk internal yang terpasang di dalam konsol PS3, seberapapun besarnya hanya dapat di gunakan sebagai SAVE DATA game.

Untuk pemasangan ODE sendiri saat ini maksimal hanya untuk PS3 yang versinya maksimal 4.55 untuk PS3 slim dan 4.53 untuk PS3 Super slim. Untuk Anda yang memiliki PS3 dengan versi lebih tinggi dari itu, tidak di sarankan untuk memasang ODE karena tidak dapat memainkan game ps3 dari eksternal dengan mudah dan harus menggunakan swap disc.

Persamaan antara cfw dan ODE keduanya melakukan perubahan di konsol ps3. Perbedaannya adalah CFW melakukan perubahan konsol ps3 di sisi software sementara ODE melakukan perubahan di sisi hardware. Pemasangan ODE maupun CFW di dalam sebuah konsol PS3 memiliki kelebihan dan kekuragannya masing-masing.

Untuk cara mengetahui PS3 CFW atau ODE cukup mudah. Konsol game PS3 yang menggunakan CFW tidak melakukan perubahan di dalam sisi hardware. Sistem CFW hanya melakukan perubahan di sisi software. Sementara konsol game PS3 jailbreak yang menggunakan sistem ODE melakukan perubahan di sisi hardware. 

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan perbedaan ofw, cfw dan ode di ps3 serta cara mengetahui PS3 cfw atau ODE saatnya Anda menentukan pilihan. Kini pilihan di tangan Anda. Bagikan info ini kepada rekan-rekan Anda! Siapa tau mereka membutuhkan. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Perbedaan OFW, CFW dan ODE di PS3"