Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Perbedaan Model Konsol Game PS3 Berdasarkan SERI CECH

Artikel tentang 3 perbedaan model konsol game PS3 berdasarkan Seri CECH ini kami buat untuk memberikan informasi kepada segenap gamer dan calon gamer PS3 yang mungkin belum mengetahui tentang hal ini. Berdasarkan masih cukup banyaknya pertanyaan yang ada kami meyakini bahwa informasi tentang perbedaan seri CECH di konsol game PS3 akan sangat bermanfaat.

Mengetahui tentang perbedaan ketiga jenis model konsol game PS3 ini menurut kami cukup penting. Salah satu alasan utamanya adalah agar segenap gamer atau calon gamer PS3 dapat memilih tipe konsol game PS3 mana yang akan di pilih.

Sebagaimana telah di ketahui ada 3 jenis model konsol PS3 yang saat ini beredar di pasaran. Walaupun secara relatif hanya dapat di bagi ke dalam 2 model saja. Yaitu model konsol PS3 tipe Fat, Slim dan Super Slim. Ketiga model konsol PS3 ini juga mewakili atas perbedaan hardware dan software yang ada di dalam ketiga model konsol game PS3 tersebut.


3 Perbedaan Model Konsol PS3 Berdasarkan SERI CECH


1. Model Konsol Game PS3 Fat
Model konsol tipe Fat secara umum dari sisi hardware terlihat lebih gemuk jika di bandingkan dengan tipe konsol PS3 Slim dan Super Slim. Model konsol Fat ini adalah model konsol game PS3 yang pertama kali di keluarkan oleh pihak Sony di tahun 2006.

Secara software model tipe Fat ini adalah tipe yang paling mudah untuk dapat di setting atau di perbaharui dengan menggunakan custom firmwire yang di singkat dengan CFW. Dengan mudahnya setting software di dalam model konsol PS3 tipe Flat ini maka gamer PS3 yang memiliki konsol PS3 dengan tipe ini tidak akan mengalami kesulitan untuk dapat memainkan game PS3 non ori di dalam internal harddisk maupun melalui harddisk eksternal.

Secara software model konsol PS3 ini mewakili seri CECH-2000 an yang memiliki kemudahan untuk di lakukan custom agar dapat memainkan game non ori di dalam game internal maupun eksternal. Walaupun demikian model konsol game PS3 Fat ini juga memiliki kekurangan. Hal utama yang menjadi kekurangan model konsol game PS3 Fat adalah di sisi ketahanan konsol game PS3 ini untuk di mainkan.

Secara umum model konsol game PS3 ini hanya dapat di mainkan sekitar 2 jam saja sebelum di istirahatkan selama 1 jam hingga di dapat di mainkan kembali. Alasannya adalah untuk menjaga konsol game PS3 ini agar tidak cepat rusak.

Game PS3 model Fat secara maksimal hanya dapat di gunakan terus menerus selama 5 jam sebelum di istirahatkan. Hal ini juga harus di dukung dengan tambahan software untuk membantu mendinginkan hardware konsol. Lebih baik lagi jika saat konsol game PS3 model Fat ini di mainkan di tempat yang dingin atau menggunakan AC.

2. Model Konsol Game PS Slim
Konsol PS3 tipe Slim jika di lihat dari sisi hardware akan terlihat lebih kurus jika di bandingkan dengan model konsol PS3 model Fat. Dari sisi software pun model konsol PS3 tipe Slim telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan dari Sony.

Model konsol PS3 tipe Slim ini mewakili tipe seri CECH-2000 an dan 3000 an. Di mana untuk seri CECH-2000 an yang ada di konsol PS3 model ini sama mudahnya untuk dapat di setting atau di custom sebagaimana model konsol game PS3 tipe Fat.

Untuk model konsol game PS3 Slim dengan seri CECH-3000 an dapat juga di jailbreak atau di oprek. Namun jailbreak yang dapat di lakukan hingga saat artikel ini di tulis hanya dapat di lakukan di sisi hardware. Dalam arti jika Anda memilih atau memiliki konsol game PS3 dengan seri CECH-3000 an Anda tetap dapat memainkan game-game PS3 dengan terlebih dahulu melakukan setting jailbreak dengan cara ODE ke dalam hardware PS3 yang Anda miliki.

Biaya oprek dengan menggunakan ODE memang relatif cukup mahal. Di angka sekitar 1,5 jutaan. Anda juga harus menyiapkan harddisk eksternal dan game PS3 BD pancingan untuk dapat memainkan game-game PS3 di model konsol PS3 Slim dengan seri 3000 an ini. Hardisk internal yang ada hanya dapat di gunakan sebagai SAVE DATA game PS3 yang Anda mainkan.

Sangat jauh harga setting nya jika di bandingkan dengan hanya melakukan setting atau perubahan ke dalam bentuk software saja. Di mana harga setting software secara umum berada di kisaran 50 ribu hingga 150 ribu saja.

Kekurangan menggunakan ODE selain harganya yang mahal Anda tidak dapat memainkan game-game PS3 secara online. Hal ini untuk menjaga agar Custom Firmwire yang telah di setting tidak melakukan update otomatis ke original software PS3. Yang nantinya akan membuat Anda tidak dapat memainkan game PS3 non ori jika hal tersebut terjadi.

Kelebihan memiliki konsol game PS3 dengan seri CECH-3000 an ini adalah tingkat pemakaian yang relatif lebih lama dapat Anda gunakan di atas model konsol PS3 tipe Slim dengan seri CECH-2000 an. Secara maksimal penggunaan konsol game PS3 model Slim dapat di gunakan hingga 8 jam sebelum di istirahatkan selama 2 jam sebelum di mainkan kembali.

3. Model Konsol Game PS3 Super Slim
Tipe konsol game PS3 model Super Slim ini adalah seri terbaru dan terakhir dari Sony. Secara hardware konsol game PS3 tipe Super Slim memiliki kesan lebih kurus jika di bandingkan dengan konsol game PS3 tipe Slim dan Fat.

Secara Software peningkatan lebih jauh ada di model Tipe Super Slim. Daya tahan untuk dapat memainkan game-game PS3 lebih unggul jika di bandingkan dengan tipe atau model konsol PS3 Slim maupun Fat.

Konsol PS3 model Super Slim ini juga mewakili seri CECH-4000 an. Update software yang di buat sony untuk dapat memberikan hasil yang lebih baik dari sisi ketahanan untuk dapat di gunakan bermain game-game PS3 lebih lama.

Namun sayangnya pembaharuan seri CECH-4000 an dan hardware beserta software di dalamnya membuat para gamer PS3 tidak dapat memainkan game-game PS3 di dalam harddisk internal maupun eksternal. Setidaknya hal ini masih tidak dapat di lakukan pada saat artikel ini kami buat di bulan Juli 2016.

Model konsol PS3 tipe Super Slim ini hanya dapat memainkan game-game PS3 orisinil dengan harga game untuk satu buahnya yang relatif cukup mahal bagi sebagian besar gamer PS3 di tanah air. Oleh karenanya di kalangan gamer PS3 pemilik konsol game PS3 dengan tipe Super Slim sering di katakan sebagai pemilik konsol/gamer Tajir, Kaya.

Hal demikian dapat terjadi karena pemilik konsol game PS3 ini harus membeli game-game PS3 orisinal saja untuk dapat bermain game PS3. Pemilik konsol game PS3 dengan model Super Slim seri CECH-4000 an tidak dapat memainkan game PS3 non orisinal.

Demikian artikel tentang 3 perbedaan model konsol game PS3 bedasarkan seri CECH yang dapat kami sampaikan. Dengan mengetahui tentang perbedaan nomor seri konsol game PS3 ini Andaa dapat memilih konsol game PS3 mana yang ingin Anda miliki. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "3 Perbedaan Model Konsol Game PS3 Berdasarkan SERI CECH"