Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Jenis Model Konsol PS3

Artikel dengan judul 2 jenis model konsol PS3 ini cukup penting untuk Anda ketahui sebelum Anda ingin membeli Playstation 3. Ada baiknya jika Anda membaca tulisan ini sebagai saran dari Panji Game untuk dapat dijadikan referensi agar Anda tidak tertipu atau salah membeli konsol PS3.

Faktanya cukup banyak jenis dan ragam dari konsol Playstation 3 itu sendiri. Beda jenis atau model tentu beda harga. Agar anda tidak bingung, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu perbedaan dan ragam dari Playstation 3 itu sendiri.

Pada dasarnya Playstation3 hanya memiliki 2 versi yaitu PLAYSTATION3 FAT dan PLAYSTATION3 SLIM. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara kedua jenis atau model konsol PS3 ini silahkan baca lebih lanjut.

2 Jenis Model Konsol PS3
PS3 SLIM


2 Jenis Model Konsol PS3


1. PLAYSTATION 3 FAT  
PLAYSTATION 3 FAT adalah PS3 keluaran sony tahun 2006. Menurut kami PS3 FAT ini adalah produk gagal. Mengapa gagal? PS3 FAT memang lebih terjangkau harganya, dengan 1-2 juta anda sudah dapat bermain PS3, kualitasnya gambarnya pun sama dengan PS 3 SLIM.

Tetapi permasalahannya ada pada pertahanan mesinnya. PS3 FAT memiliki penyakit akut yang bernama YLOD (yellow light of death) jika tombol turn off PS3 FAT berubah warna yang tadinya hijau menjadi kuning, anda harus siap-siap sabar karna berarti PS3 FAT anda sudah terkena YLOD.

Setelah itu PS3 FAT akan mati total! Jika anda bawa ke tukang servis, PS3FAT anda hanya akan diberikan solusi tanpa diperbaiki sampai ke akarnya, maksudnya penyakit YLOD hanya bisa diberikan solusi, bukan penawar yang dapat menyembuhkan total, maka kesembuhan pada PS3FAT yang terkena YLOD hanya bersifat sementara dan beberapa bulan kemudian, hal yang sama akan terjadi lagi.

Pihak Sony Playstation pun sampai detik ini belum bisa menemukan akar solusi penyakit ini. Maka dari itu Sony mengeluarkan solusi terbaru dengan meluncurkan PS3SLIM tahun 2010.

Kami sendiri menyarankan anda untuk tidak membeli PS3FAT sebisa mungkin. Jika belum punya uang lebih baik bersabar agar dapat hasil yang terbaik dari pada memaksa tetapi biaya servis yang dikeluarkan akan lebih boros.

Satu lagi yang harus anda ketahui bahwa PS3 FAT tidak tahan jika dimainkan berlama-lama, setelah anda bermain sekitar 2 jam lebih baik anda mematikannya selama 1 jam, menunggunya hingga dingin baru dapat anda pakai lagi. Hal ini harus diterapkan pada PS3 FAT karna mesinnya yang cenderung cepat panas.

2. PLAYSTATION3 SLIM
PS3 SLIM adalah adik dari PS3FAT. Konsol PS3 model Slim ini di luncurkan pada tahun 2010 sebagai penyempurna PS3FAT. PS3 SLIM ini memiliki beberapa jenis tipe sesuai dengan jumlah memori internal yang terdapat di dalam konsol PS3 model Slim yaitu 160 GB,320GB,dan 500GB.

PS3 SLIM ini terbilang sangat-sangat-sangat awet. Kami sendiri telah memiliki konsol game PS3 model Slim ini sejak 5 tahun yang lalu.

Model konsol PS3 ketiga yang relatif baru adalah model PS3 Super Slim. Model PS3 terbaru ini adalah sebagai pembaharuan yang di berikan pihak Sony kepada para calon pengguna konsolnya. Perubahan yang ada di model Super Slim ini ada di sisi hardware maupun software. Cukup berbeda memang jika di bandingkan dengan kedua model konsol PS3 lainnya.

Sayangnya perubahan yang di bawa oleh Sony ini akan cukup merugikan bagi para gamer PS3 yang berkantong tipis. Mengapa demikian? Ya, Karena konsol PS3 model Super Slim ini tidak dapat di gunakan untuk memainkan game-game PS3 Non Ori.

Sampai saat artikel ini di tulis di bulan Juli 2016 model konsol PS3 Super Slim tidak dapat di gunakan untuk memainkan game PS3 Non Ori. Alasannya adalah karena konsol game PS3 Super Slim dengan seri 4000 an ini tidak dapat di custom secara software maupun hardware untuk dapat memainkan game-game PS3 terbaru.

Karenanya di kalangan gamer pemilik konsol game PS3 Super Slim dengan seri CECH-4000 an di golongkan ke dalam konsol game PS3 untuk kalangan Tajir, Kaya. Kenapa demikian? Ya, Karena konsol PS3 Super Slim serial CECH-4000 an hanya dapat di mainkan dengan menggunakan game-game PS3 original.

Di mana kita tau bahwa harga game-game PS3 orisinil yang beredar di pasaran relatif cukup mahal bagi kantung mayoritas gamer di Indonesia. Harga 1 buah game orisinal di hargai di angka 400 ribuan. Paling rendah di angka 100 ribuan. Tentu harga game PS3 ini relatif mahal bagi mayoritas gamer PS3 di Indonesia.

Sangat jauh bukan perbandingan harganya jika di bandingkan dengan game PS3 non ori? Untuk dapat mengetahui seri model konsol game PS3 Flat, Slim maupun Super Slim Anda dapat melihat dari luar dus konsol, di dalam buku panduan atau di belakang kiri konsol game PS3 Anda.

Untuk Anda yang memiliki hobi bermain PS3 hingga berjam-jam sangat kami sarankan untuk dapat memilih PS3 model Slim. Konsol PS3 Slim memiliki daya tahan yang sangat bandel dan kuat untuk di geber hingga berjam-jam. Bahkan hingga 8 jam nonstop di gunakan pun tidak apa-apa.

Namun demikian penggunaan yang berlebihan terhadap sesuatu termasuk di dalamnya barang elektronik seperti konsol game PS3 tentu nya tidak baik. Saran kami buat maksimal waktu main game selama 5 jam sebelum di istirahatkan selama satu jam.

Jika ingin konsol game PS3 yang Anda miliki lebih awet lagi tidak ada salahnya untuk mengganti thermal paste di dalam konsol PS3 sebanyak 1 atau 2 kali dalam setiap tahunnya. Hal ini dapat di lakukan jika pemakaian game konsol PS3 Anda relatif cukup sering di pakai setiap hari seperti untuk di rentalkan misalnya.

Demikian artikel singkat kami tentang jenis atau model konsol game PS3. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "2 Jenis Model Konsol PS3"